Harahap, Aisah (2024) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi relasi dan fungsi di Kelas X MIA-1 SMA N 1 Batang Onang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang kompleks, membingungkan dan rumit untuk dipahami sehingga siswa merasa kesulitan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah proses pembelajaran yang dilakukan guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan melalui model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas X MIA-1 SMA N 1 Batang Onang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas X MIA-1 SMA N 1 Batang Onang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Data di analisis dengan uji t setelah terpenuhi normalitas dan homogenitas hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 77,78 dan kelas kontrol sebesar 70,37. Ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas X MIA-1 SMA N 1 Batang Onang. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 0,05 yaitu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd |
Keywords: | Model problem based learning; Kemampuan berpikir kritis; Relasi dan fungsi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 08:39 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 08:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |