Siregar, Silvia Ardina (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan socioscientific issues terhadap literasi sains siswa pada materi pencemaran. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020800010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan bahwasanya terdapat suatu permasalahan. Adapun masalah tersebut yaitu literasi sains siswa yang masih tergolong rendah, disebabkan model pembelajaran yang diterapkan tidak mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Model pembelajaran yang belum melibatkan keaktifan siswa dalam belajar menyebabkan literasi sains siswa kurang berkembang. Selain itu materi pembelajaran yang belum menghubungkan masalah sosial atau isu sosial menjadikan materi kurang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Leraning dengan pendekatan Socioscientific Issues terhadap literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperiment atau eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal essay berisi 15 soal yang valid dan reliabel. Hasil penelitian uji normalitas menggunakan rumus Saphiro Wilk dengan berbantuan aplikasi SPSS dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Lavene serta uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test. Dari hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 3.670 dan ttabel sebesar 0.254 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji t pada variabel terikat tersebut tidak lebih besar dari nilai alpha yaitu 0,05 sehingga H0 dan Ha diterima. Maka hal ini dinyatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Socioscientific Issues berpengaruh terhadap literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Oleh karena itu, model Problem Based Learning dengan pendekatan Socioscientific Issues dapat meningkatkan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fery Kurniawan, M.Si dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd |
Keywords: | Sociosciencetific issues; Literasi sains; Pencemaran lingkungan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 09:21 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 09:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |