Harahap, Silvia Manora (2024) Penerapan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas II SD Negeri 101500 Batugana Kecamatan Padang Bolak Julu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500192.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keterampilan membaca siswa. Masalah ini terjadi karena metode belajar siswa hanya menggunakan ceramah saja tanpa mengkombinasikan dengan metode belajar lainnya. Selain itu, kurangnya ketersediaan dan pemanfaatan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, bagaimana media big book dapat meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 101500 Batugana Kecamatan Padang Bolak Julu dan bagaimana tanggapan siswa dalam penerapan media big book dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca menggunakan media big book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 101500 Batugana Kecamatan Padang Bolak Julu, dan untuk mengetahui tanggapan siswa dalam penerapan media big book dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas II SDN 101500 Batugana Kecamatan Padang Bolak Julu dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes membaca. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media big book pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN 101500 Batugana Kecamatan Padang Bolak Julu. Hal ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan bahwa tes keterampilan membaca siswa hanya 9 siswa yang tuntas dengan persentase 41% dan memperoleh nilai rata-rata kelas 68,2. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu ada 12 siswa yang tuntas dengan persentase 55% dan memperoleh nilai rata-rata kelas 71,6. Dilanjutkan pada pertemuan 2 terdapat 14 siswa yang tuntas dengan persentase 64% dan memperoleh nilai rata-rata kelas 75,5. Kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan, yaitu pertemuan I terdapat 17 siswa yang tuntas dengan persentase 77% dan memperoleh nilai rata-rata kelas 79,3. Pada pertemuan 2 terdapat 19 siswa yang tuntas dengan persentase 86% dan memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 83,3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Bahasa Indonesia; Keterampilan membaca; Media big book |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:59 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |