Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan bahan ajar IPA berbasis pendekatan saintifik untuk menigkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV UPTD SDN 30 Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Dalimunthe, Adian Wanita (2024) Penerapan bahan ajar IPA berbasis pendekatan saintifik untuk menigkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV UPTD SDN 30 Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500209.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas IV belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih dominan menggunakan metode konvensional (metode ceramah), menulis dan hanya berpedoman pada buku guru dan buku siswa yang disediakan oleh sekolah saja. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan metode pembelajaran pendekatan saintifik yang mengharuskan siswa lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan bahan ajar IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan bentuk energi di kelas IV UPTD SDN 30 Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan saintifik kelas IV UPTD SDN 30 Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk mengetahui data tentang proses pembelajaran siswa dalam kelas, respon siswa, keadaan siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV UPTD SDN 30 Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa (33,33%) dan yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa (66,67%), sedangkan siklus I pertemuan ke-2 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (50%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (50%). Pada siklus II pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (75%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa (35%) sedangkan siklus II pertemuan ke-2 siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (83,33%) dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa (16,67%). Hasil penelitian diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran di kelas IV UPTD SDN 30 Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Bahan ajar berbasis pendekatan saintifik; Hasil belajar; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:35
Last Modified: 23 Jan 2025 08:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11549

Actions (login required)

View Item View Item