Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru dalam mengembangkan aspek kemampuan berbicara pada anak usia 3-4 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Barus Pasar Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah

Simamora, Alda Patmasari (2024) Peran guru dalam mengembangkan aspek kemampuan berbicara pada anak usia 3-4 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Barus Pasar Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020600043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan berbicara merupakan suatu proses penggunaan bahasa dalam membentuk arti. Berbicara adalah salah satu bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi kata yang digunakan untuk menyampaikan maksud karena berbicara merupakan komunikasi yang paling efektif. Dalam kaitannya dengan perkembangan berbicara, pada hal ini guru sangatlah penting, karena figur yang penting dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada saat anak di sekolah. oleh karena itu, seorang guru harus memperhatikan dengan cermat memilih metode dan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Barus Pasar Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan mengambil lokasi di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Barus Pasar Kecamatan Barus Tapanuli Tengah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada anak usia 3-4 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Barus Pasar Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah, guru berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator, demonstrator, model, dan evaluator dalam rangka mengembangkan keterampilan berbicara anak, dan aspek-aspek yang dilibatkan dalam berbicara pada anak yaitu kosa kata, tata bahasa, pelafalan dan isi. Faktor pendukung guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak adalah guru, orang tua, lingkungan (teman sebaya) dan faktor penghambatnya adalah orang tua dan perbedaan karakter anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Peran guru; Kemampuan berbicara pada anak usia 3-4 tahun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:08
Last Modified: 23 Jan 2025 08:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11546

Actions (login required)

View Item View Item