Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru Bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan menulis pada teks laporan hasil observasi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara

Daulay, Latifah (2024) Upaya guru Bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan menulis pada teks laporan hasil observasi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2021000002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X yang berada di SMA Negeri 1 Batang Onang kurang dalam kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Faktor lainnya yaitu suasana belajar yang kurang memamadai karena guru yang kurang profesional dalam memilih upaya yang tepat pada saat pembelajran menulis teks laporan hasil observasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah siswa mampu menulis teks laporan hasil observasi di kelas, dan bagaimana upaya guru bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa mampu menulis teks laporan hasil observasi di kelas, dan bagaimana upaya guru bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kepada guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kurang mampu dalam menulis teks laporan hasil observasi. Dilihat dari struktur teks, fungsi, jenis-jenis kebahasaan dan langkah-langkah menulis teks laporan hasil observasi. Upaya guru bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa masih kurang dari kata sempurna. Adapun upaya yang guru gunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis pada teks laporan hasil observasi yaitu menggunakan metode field trip, pembelajaran kooperatif, model pembelajaran moodelling the way, dan pembelajaran discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Upaya guru; Kemampuan menulis; Teks laporan hasil observasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:07
Last Modified: 22 Jan 2025 08:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item