Siagian, Nurjannah Minta Ito (2024) Implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas III di SDN 100404 Aek Haminjon. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500173.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di kelas III. Hal ini diakibatkan oleh model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensioanal serta metode pembelajaran yang banyak menggunakan metode ceramah yang proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka peneliti mengimplementasikan model pembelajaran NHT dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III di SDN 100404 Aek Haminjon. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III di SDN 100404 Aek Haminjon. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) menggunakan metode demostrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III di SDN 100404 Aek Haminjon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama dilakukan dengan 2 kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan dengan satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Togethers (NHT) menggunakan metode demonstrasi. Sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa dengan mengimplementasikan model serta metode tersebut. Hasil penelitian belajar siswa meningkat, yaitu pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 52,22 dengan persentase tuntas sebanyak 22,22%. Pertemuan I siklus I nilai rata rata adalah 64,44 dengan persentase ketuntasan sebanyak 38,88%, pada pertemuan II siklus 1 nilai rata-rata kelas adalah 70,55 dengan persentase ketuntasan 66,11%. Sedangkan untuk pertemuan 1 siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 81,66 dengan persentase ketuntasan sebanyak 88,88%.%. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus sampai dengan siklus II pertemuan I yaitu 66,66%. Sehingga penelitian sudah dapat dihentikan karena sudah mencapai indikator ketuntasan yaitu sebesar 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran NHT; Metode demonstrasi; Hasil belajar; IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:55 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11536 |
Actions (login required)
View Item |