Afriliani, Dwi (2024) Analisis pemberian reward terhadap peningkatan motivasi belajar anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020600015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan motivasi belajar anak dalam penelitian ini distimulasi dengan pemberian reward terhadap anak yang tekun dalam mengerjakan tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, menunjukkan minat dalam belajar, mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, percaya diri, senang mencari solusi, dan semangat belajar yang tinggi. Reward non verbal yang dapat diberikan kepada anak berupa, tepuk tangan, gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan hadiah. Hadiah dalam reward nonverbal ini berupa pemberian bintang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal dengan adanya pemberian reward. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal dengan adanya pemberian reward. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kategori setiap kemampuan anak bervariasi. Dimana dapat dirincikan sebagai berikut: (1) Tekun dalam mengerjakan tugas, setelah adanya pemberian reward dalam pembelajaran terdapat 9 anak yang mulai berkembang, dan 6 anak yang sudah berkembang sangat baik. (2) Ulet dalam menghadapi kesulitan, setelah adanya pemberian reward dalam pembelajaran terdapat 4 anak yang belum berkembang, 8 anak yang mulai berkembang, dan 3 anak yang sudah berkembang sangat baik. (3) Menunjukkan minat dalam belajar, setelah adanya pemberian reward dalam pembelajaran terdapat 6 anak yang mulai berkembang, dan 9 anak yang sudah berkembang sangat baik. (4) Mandiri, setelah adanya pemberian reward dalam pembelajaran terdapat 2 anak yang belum berkembang, 7 anak yang mulai berkembang, dan 6 anak yang sudah berkembang sangat baik. (5) Dapat mempertahankan pendapat, setelah adanya pemberian reward dalam pembelajaran terdapat 7 anak yang belum berkembang, 4 anak yang mulai berkembang, dan 4 anak yang sudah berkembang sangat baik. (6) Percaya diri, setelah adanya pemberian reward dalam pembelajaran terdapat 7 anak yang mulai berkembang, dan 8 anak yang sudah berkembang sangat baik. (7) Senang mencari solusi, setelah adanya pemberian reward dalam pembelajaran terdapat 11 anak yang mulai berkembang, dan 4 anak yang sudah berkembang sangat baik. (8) Semangat belajar yang tinggi, setelah adanya pemberian reward dalam pembelajaran terdapat 9 anak yang mulai berkembang, dan 6 anak yang sudah berkembang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Motivasi belajar; Reward; Anak usia dini |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:56 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11535 |
Actions (login required)
View Item |