Lannovita, Suci Ayu (2024) Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model picture and picture dalam pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 18 Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi karena hasil belajar siswa masih rendah disebabkan oleh kegiatan pembelajaran masih dilaksanakan dengan metode konvensional, dan belum menggunakan model pembelajaran bervariasi, minimnya ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran karena masih berpusat pada guru dan menoton pada buku. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 18 Panai Hulu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian yaitu berupa tes pilihan berganda dan observasi guru dan siswa. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang dan guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : hasil belajar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75 melalui model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan dari tes awal ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa dengan persentase 26,66 %. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 5 siswa dengan pesentase 33,33 %. Pada pertemuan 2 terjadi lagi peningkatan, dari 5 siswa yang tuntas menjadi 7 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 40 %. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 66,66 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 12 siswa dengan persentase sebesar 80 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Picture and picture; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:27 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11525 |
Actions (login required)
View Item |