Ritonga, Nursakinah (2024) Gaya belajar siswa berprestasi pendidikan agama islam di Kelas X SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
NURSAKINAH RITONGA - Nursakinah Ritonga.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Gaya Belajar siswa berprestasi merupakan cara seorang siswa memproses suatu informasi dalam membangun pengetahuan kreativitas antara model pembelajaran yang memiliki dampak signifikan pada keterampilan melalui pengalaman dengan memiliki pengalaman belajar, guru dapat mengolah proses pembelajaran dengan baik yang berimpilakasikan pada peningkatan kualitas lulusan sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gaya Belajar siswa Berprestasi Pendidikan Agama Islam Pada kelas X SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan dan untuk mengetahui Solusi guru Pendidikan agama islam dalam mengadakan berbagai macam metode dalam proses pembelajaran di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan dan metode penelitian ini adalah kualitattif fenomologis yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni dan apa adanya. Sumber datanya terdiri dari sumber primer dan sekunder.Sumber data primer adalah data yang diperoleh dari guru Pendidikan agama islam kelas X dan kepala sekolah yang ada di SMA Islam Terpadu darul Hasan Padangsidimpuan .Sumber data Sekunder yaitu data yang diperoleh dari 10 orang siswa kelas X dan kepala sekolah yang ada di SMA Islam Terpadu darul Hasan Padangsidimpuan.Dana alat pengumpulan data dalam peelitian ini observasi dan wawancara dan dokumentasi.Dan Hasil Penelitian ini menunjukkan mengetahui Gaya Belajar siswa Berprestasi Pendidikan Agama Islam Pada kelas X SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan 1). Gaya Belajar Visual Siswa Berprestasi Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan kualitas guru mengajar di kelas X SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan sudah baik dan profesional, guru memiliki semangat dan antusias dalam menyampaikan materi pembelajaran.Dalam mengatasi hambatan yang terjadi, guru berusaha keras seperti memberikan peluang untuk siswa dalam menyampaikan kesulitan belajar yang dialaminya, memberikan pengarahan kepada orang tua siswa supaya siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan diri dan beraktualisasi dalam kegiatan belajar, memanfaatkan berbagai unsur lingkungan sekitar yang mendorong belajar, dan guru memaksimalkan dalam manfaat pengalaman dan kemampuan siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar pasti mengalami hambatan 2). gaya belajar Auditorial dalam Mengatasi kejenuhan dan kebosanan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas, juga mengatasi performance guru yang membuat siswa merasa materi yang diajarkan kurang menarik. Dengan memperbaiki gaya mengajar serta membuat variasi dalam pembelajaran diharapkan dapat mengatasi persoalan belajar yang dialami peserta didik 3). menunjukan bahwa kualitas guru mengajar di kelas X SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan sudah baik dan profesional, guru memiliki semangat dan antusias dalam menyampaikan materi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Syafnan, M.Pd. dan Dr. Almira Amir. M.Si. |
Keywords: | Gaya Belajar; Siswa Berprestasi; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 02:58 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 02:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11517 |
Actions (login required)
View Item |