Pasaribu, Rosti Anni (2024) Epistemologi pendidikan agama islam menurut Al-Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100186.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Epistemologi adalah salah satu cabang ilmu filsafat yang membahas mengenai hakikat, kebenaran, sumber, metode dan struktur pengetahuan, sedangkan pendidikan agama Islam merupakan suatu usaha berupa bimbingan, arahan, pengajaran dan asuhan terhadap anak didik yang bertujuan agar anak didik dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama islam sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist. Imam Al-Ghazali merupakan seorang filsafat yang juga mengkaji epistemologi pendidikan agama Islam. Awal mulanya Al-Ghazali membahas permasalahan kompleks mengenai agama dan ilmu pengetahuan yang terjadi pada masanya. Hal inilah yang melatar belakangi Penulis untuk mengkaji lebih dalam mengenai Epistemologi Agama Islam Menurut Al-Ghazali. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research dengan sumber data primer seperti Mutiara Ihya Ulumuddin, Tahafut Al-Falasifah, Ringkasan Ihya Ulumuddin, Ihya Ulumuddin Menghidupkan Kembali Ilmu-Ilmu Agama Ilmu dan keyakinan dan Majmuah Rasail yang merupakan karya Al-Ghazali. Sedangkan sumber sekunder seperti karya Alwan Suban, konsep pendidikan Islam Perspektif Al-ghazali, Karya Subhan Hi Ali Dodego, Tasawuf Al-ghazali persepektof pendidikan Islam, dll. Hasil dari penelitian ini, pemikiran epistemologi Al-Ghazali merupakan kajian mendalam yang mencakup keseluruhan mengenai ilmu yang mengarah kepada kebenaran ilmiah dan diperoleh dari tiga instrument yaitu, panca indra, akal, dan hati. Pemikiran Al-Ghazali tentang Epistemologi Pendidikan Agama Islam dipandang dari tiga aspek yaitu, Sumber ilmu, metode memperoleh ilmu dan tujuan pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran umat islam atas kesesuaian pemikiran tokoh pendidikan Islam dengan tahapan-tahapan perkembangan yang dimunculkan oleh tokoh barat sehingga mereka tidak enggan menggunakan pemikiran para tokoh pendidikan islam. Serta mengilhami munculnya penelitian yang lebih mendalam dan relevan tentang epistemologi pendidikan agama islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A. |
Keywords: | Epistemologi Pendidikan Agama Islam, Imam Al-Ghazali |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 08:49 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 08:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11513 |
Actions (login required)
View Item |