Harahap, Aisyah (2024) Pengaruh metode Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak pada Kelas VII di MTs Islamiyah Padang Garugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100179.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Proses pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Islamiyah Padang Garugur ini masih monoton disampaikan oleh guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik. Untuk itu perlu diberikan suatu pendekatan pembelajaran yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seebagai berikut “Apakah ada pengaruh yang signifikan metode Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malikat-malaiat Allah Swt kelas VII di MTs Islamiyah Padang Garugur”. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di MTs Islamiyah Padang Garugur. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan metode Team Games Tournament dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen dari hasil penelitian tersebut. Dimana dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil tes pretest bahwa hasil belajar siswa dikelas VII MTs Islamiyah Padang Garugur masih dalam kategori kurang. Masih banyak siswa yang nilai nya belum mencapai KKM dari soal Akidah Akhlak yang diberikan. Keadaan tersebut terdapat di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Setelah diberlakukannya metode Team Games Tournament (TGT) dan sudah mulai mampu menyelesaikan soal Akidah Akhlak dengan nilai di atas KKM. Sedangkan di kelas kontrol pada saat pembelajaran dengan metode ceramah peserta didik kurang bersemangat dan masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Dari hasil pretest dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Dimana perbedaan hasil belajar siswa di kelas kontrol tidak jauh berbeda atau dapat dikatakan peningkatannya sangat rendah antara hasil tes pretest dengan hasil tes posttest. Adapun hasil uji hipotesis dengan taraf alfa kesalahan 0,025 dan dkn = (27+27)-2 = 52 menerangkan bahwa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A. dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd |
Keywords: | Team Games Tournament; Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 08:42 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 04:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11512 |
Actions (login required)
View Item |