Pulungan, Melinda Saputri (2024) Peran guru pendidikan agama islam dalam membangun moderasi beragama di SMAN 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
Melinda Saputri Pulungan PDF - Melinda Saputri.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun moderasi beragama pada peserta didik SMA dan bagaimana sikap moderasi beragama di SMA tersebut. Latar belakang penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama islam dalam membangun moderasi beragama di SMAN 4 Padangsidimpuan, yaitu peserta didik yang kurang memahami dan mengetahui tentang moderasi beragama, hal ini mengakibatkan kurangnya interaksi terhadap siswa dengan siswa lainnya yang tidak seagama sehingga seringnya terjadi perkumpulan antar sesama siswa yang berbeda agama dan hanya sedikit komunikasi yang terjadi antara sesama siswa. Maka dari itu perlunya peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun moderasi beragama kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap moderasi beragama pada peserta didik dan peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun moderasi beragama pada peserta didik SMA. Teori yang digunakan oleh peneliti meliputi yang pertama peran guru yang terdiri dari; pengertian peran, pengertian guru, dan peran guru. Kedua guru pendidikan agama Islam. Ketiga membangun. Keempat moderasi beragama yang terdiri dari; pengertian moderasi beragama, nilai-nilai moderasi beragama, prinsip dasar moderasi beragama serta urgensi moderasi beragama. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data adalah ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan serta triangulasi dan yang terakhir adalah Teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun moderasi beragama di SMA tersebut adalah melalui peran guru pendidikan agama Islam yang sangat penting dalam membangun moderasi beragama pada peserta didik itu sendiri, dengan pemberian motivasi dan arahan yang lebih sering dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam serta pembinaan terhadap siswa secara continiu untuk membangun moderasi beragama itu sendiri dengan baik pada peserta didik. Sehingga menciptakan kerukunan dan kebersamaan yang baik terhadap peserta didik. Dalam hal ini peran guru Pendidikan sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai moderasi beragama terkait pentingnya saling menghargai antar umat beragama dengan membangun moderasi itu dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M. Ag. dan Dr. H. Akhiril Pane, S. Ag. M. Pd |
Keywords: | Guru PAI; Moderasi Beragama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 08:13 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 08:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11508 |
Actions (login required)
View Item |