Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pengajaran cara baca al-quran bagi anak di TPQ Madrasah Jamiatul Muslim Desa Kepenuhan Hulu Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu

Maisaroh, Maisaroh (2024) Implementasi pengajaran cara baca al-quran bagi anak di TPQ Madrasah Jamiatul Muslim Desa Kepenuhan Hulu Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis untuk mengetahui lebih dalam bagaimana pelaksanaan pengajaran cara baca al-Qur’an di TPQ Madrasah Jamiatul Muslim yang berlangsung di Desa Kepenuhan Hulu. TPQ ini merupakan salah satu Lembaga yang menyelenggarakan Pendidikan non formal jenis keagamaan yang bertujuan untuk memberikan pengajaran cara baca al-quran sejak dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pengajaran Cara Baca Al-Quran Bagi Anak di TPQ Madrasah Jamiatul Muslim Desa Kepenuhan Hulu Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu . Apa saja kendala dan solusi TPQ Madrasah Jamiatul Muslim dalam Mengimplementasikan Pengajaran Cara Baca Al-Quran Bagi Anak di Desa Kepenuhan Hulu Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Implementasi Pengajaran Cara Baca Al-Quran Bagi Anak Di TPQ Madrasah Jamiatul Muslim Desa Kepenuhan Hulu Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu. Untuk mengetahui kendala dan solusi TPQ Madrasah Jamiatul Muslim dalam Mengimplementasikan Pengajaran Cara Baca Al-Quran Bagi Anak Di Desa Kepenuhan Hulu Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek yang harus di teliti untuk mendapatkan data sesuai dengan apa adanya yang dibantu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pengajaran Cara Baca Al-Quran Bagi Anak di TPQ Madrasah Jamiatul Muslim Desa Kepenuhan Hulu Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu dapat dilihat dari beberapa tahapan yaitu persiapan pembelajaran berupa persiapan santri dan persiapan guru. Dan Pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kendala TPQ Madrasah Jamiatul Muslim dalam mengimplementasikan pengajaran Cara baca Al-Quran bagi anak di Desa Kepenuhan Hulu Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu adalah rendahnya pengetahuan anak tentang ilmu tajwid, santri bermain saat proses pembelajaran, kurangnya semangat anak dalam membaca al-quran, faktor kemajuan teknologi, kurangnya dukungan dari orang tua dan metode guru mengaji yang kurang menarik. Adapun solusi nya adalah memberi perhatian dan ikut serta membimbing anak Ketika membaca al-quran dirumah, oramg tua menyediakan buku tajwid untuk anak. Membatasi anak bermain handphone, guru memberikan motivasi kepada santri, penambahan metode pembelajaran al-quran dan mengadakan musyawarah atau pertemuan antara pengurus TPQ dengan orang tua anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Dame Siregar, M.A dan Anwar Habibi Siregar, MA. Hk.
Keywords: Implementasi; Pengajaran; Cara Baca Al-Quran; Anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Dec 2024 08:03
Last Modified: 20 Dec 2024 08:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item