Harahap, Pepi Meilinda (2024) Keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
PEPI MEILINDA HARAHAP - Pepi meilinda Harahap.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Keterampilan mengajar guru merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dikuasai oleh guru. Dengan memiliki kerampilan mengajar, guru dapat mengelolah proses pembelajaran dengan baik yang berimpilakasi pada peningkatan kualitas lulusan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu dan untuk mengetahui solusi guru pendidikan Agama Islam dalam mengadakan variasi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni dan apa adanya. Sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan skunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh dari 1 orang Guru Pendidikan Agama Islam kelas X -1 yang ada di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Sumber data sekunder yaitu data yang diproleh dari 10 orang siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan wawancara dan dokumentasi. Observasi adalah pengamatan langsung kepada objek penelitian dengan cara mencatat data mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penelitian. Wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang penulis dan guru Pendidikan Agama Islam. Dokumentasi adalah suatu acara yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi dalam bentuk buku, arsip, dokumen, tulisan, angka dan gambar yang merupakan laporan serta keterangan yang dapat mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu 1) Variasi gaya mengajar meliputi variasi suara meliputi penekanan kata-kata penting, memusatkan perhatian melalui lisan dan isyarat, membuat kesenyapan sejenak dengan diam sejenak, mengadakan kontak dengan mengarahkan pandangan menyeluruh ke seluruh siswa, variasi gerak badan dan mimik melalui gerakan tangan saat menulis, gerakan kepala, dan memperlihatkan gerakan mimik ceria, dan mengubah posisi dengan bergerak dengan perpindahan posisi dengan mendekati siswa. 2) Variasi penggunaan media dan bahan pelajaran melalui variasi media visual LCD proyektor. 3) Variasi pola interaksi. Faktor pendukung dan penghambat dalam keterampilan mengadakan variasi yaitu guru, siswa siswi, keluarga, lingkungan dan juga fasilitas yang memadai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamidah, M.Pd. dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag., M.Pd.I. |
Keywords: | Keterampilan Mengadakan Variasi; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:44 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11504 |
Actions (login required)
View Item |