Harahap, Akmal Soaloon (2024) Peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan media papan garis bilangan untuk siswa kelas IV SD Negeri 200515 Padang Sidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500073 - Copy - akmal soaloon harahap.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena rendahnya belajar siswa pada mata pelajaran matematika, kemudian banyaknya siswa yang berpendapat bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan serta kesulitan siswa memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat negatif dan positif tanpa menggunakan penggunaan media papan garis bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan media papan garis bilangan pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 200515 Padang Sidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 200515 Padang Sidimpuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi kepada siswa kelas IV SD Negeri 200515 Padang Sidimpuan. Analisis instrumen dilakukan dengan nilai rata-rata dan persentase hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan media papan garis bilangan terbukti meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling. Sebelum penelitian, metode konvensional yang berpusat pada guru menghasilkan nilai rata-rata siswa 59,50 dengan hanya 15% siswa yang tuntas. Setelah penerapan media tersebut, hasil belajar siswa meningkat signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,25 dan 73,00, meskipun masih ada kendala partisipasi dan kerja sama antar siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 77,25 dan meningkat lagi menjadi 81,00, dengan tingkat ketuntasan 90%. Ini menunjukkan bahwa media papan garis bilangan efektif dalam membantu pemahaman operasi hitung bilangan bulat serta meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si, M.Pd dan Asriana Harahap, M. Pd |
Keywords: | Media; Papan Bilangan; Penerapan; Konsep. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:53 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11496 |
Actions (login required)
View Item |