Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali dalam buku Ihya Ulumiddin

Harahap, Samsius (2024) Metode pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali dalam buku Ihya Ulumiddin. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak masyarakat yang akhlaknya rusak sebagaimana masalah yang terdapat dalam penelitian ini, begitu juga yang terjadi di zaman sekarang ini. Imam Al-Ghazali telah menorehkan sejarah besar terhadap penididikan khususnya dalam pendidikan Islam. Melalui karya terbesarnya sepanjang sejarah: Ihya Ulumiddin telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam dunia pendidikan. salah satu konsep yang ditawarkan Imam Al-Ghazali dalam karya tersebut adalah konsep pendidikan akhlak beserta metode pendidikan akhlak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana urgensi metode secara umum dan untuk mengetahui tahapan metode pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali.Penelitian ini adalah penelitian perpustakaan atau riset (library research) metode yang digunakan yaitu metode diskriptif, untuk memproleh data-data yang diperlukan dalam penenlitian ini, peneliti menggunakan sumber data yaitu: data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa metode memilki urgensi yang sangat menentukan dalam keberhasilan pembentukan akhlak mulia. fungsi metode sangatlah menentukan keberhasilan baik secara aktivitas maupun kegiatan. Dan adapun metode pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali memiliki beberapa tahapan yaitu: takhalli, tahalli dan tajalli. Pada tahap takhalli bisa dilakukan dengan: metode ceramah, metode tanya jawab, metode cerita dan metode nasehat. Dan pada tahap tahalli bisa dilakukan dengan: metode keteladanan, metode latihan dan pengulangan. Jika manusia sudah pada tahap tajalli maka seluruh amal perbuatannya semata-mata hanya karena kecintaanya kepada Allah SWT., dan ini dapat dilakukan dengan metode pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Dame Siregar, M.A. dan Sufrin Efendi Lubis, M.A.
Keywords: Metode; Pendidikan Akhlak; Imam Al-Ghazali
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Dec 2024 03:09
Last Modified: 19 Dec 2024 03:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11485

Actions (login required)

View Item View Item