Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi bermain peran terhadap keterampilan sosial anak usia dini kelompok b di TK Riski Wahyu Desa Huta Puli Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Rahmayani, Rahmayani (2024) Implementasi bermain peran terhadap keterampilan sosial anak usia dini kelompok b di TK Riski Wahyu Desa Huta Puli Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020600024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan non fisik, dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, moral spiritual, motorik, emosional, kognitif, dan sosial yang tepat dan benar agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Bermain bagi anak usia dini dapat mempelajari dan belajar banyak hal, dapat mengenal aturan, bersosialisasi, menempatkan diri, menata emosi, toleransi, kerja sama dan menjunjung tinggi sportivitas. Berdasarkan prasurvey yang peneliti lakukan di kelas B Taman Kanak-kanak Riski Wahyu Desa Hutapuli pada tanggal 05 april sampai dengan 05 mei 2024. maka diperoleh hasil sosial emosional yang dimiliki anak belum berkembang secara optimal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi bermain peran dalam meningkatkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di Tk Riski Wahyu Desa Hutapuli. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik dan 2 guru Kelas kelompok B. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan cara reduksi, penyajian data dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ada 5 indikator dari keterampilan sosial anak yang peneliti amati yaitu (I) anak dapat bekerja sama dengan teman, (II) anak mau meminjamkan alat permainan kepada temannya, (III) anak bisa mengendalikan emosi, (IV) anak berbicara dengan tidak berteriak, (V) anak dapat menaati peraturan permainan. Dari ke 5 indikator tersebut yang paling terlihat dari diri anak adalah indikator berbicara dengan tidak berteriak yang berjumlah 7 (35%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Bermain peran; Sosial emosional; Kelompok B
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Dec 2024 02:45
Last Modified: 12 Dec 2024 02:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11480

Actions (login required)

View Item View Item