Siregar, Hamdan (2024) Penerapan strategi question student have untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa dalam mempelajari akidah akhlak di Tsanawiyah adalah fokus penelitian ini. Strategi QSH dapat membantu siswa memahami dan menerapkan prinsip Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan efisien diperlukan dalam hal ini. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi Question Student Have dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan, bagaimana strategi Question Student Have dapat membantu siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai akidah akhlak dalam kehidupan sehari-hari?. Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII melalui strategi QSH di Madrasah Tsanawiyah Padangsidimpuan, pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan, yang menjadi fokus untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui penerapan strategi Question Student Have (QSH) dalam pembelajaran akidah akhlak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, strategi Question Student Have terbukti efektif tingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa YPKS. Melalui pertanyaan yang diajukan siswa, mereka dilatih untuk merefleksi, menganalisis, dan menghubungkan teori dengan praktik, sehingga meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar. Strategi Question Student Have (QSH) Strategi QSH membantu siswa menerapkan nilai-nilai akidah akhlak dalam kehidupan sehari-hari dengan mendorong mereka untuk bertanya, merenungkan, dan berdiskusi. Hal ini tidak hanya memperkaya pemahaman mereka, tetapi juga memfasilitasi penerapan nilai-nilai tersebut dalam situasi nyata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. dan Sakinah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Question Student Have; Berpikir Kritis; Akidah Akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 15:00 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 02:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11474 |
Actions (login required)
View Item |