Parapat, Afnan Ali (2024) Konsep pendidikan anak dalam perspektif Abdullah Nashih Ulwan dan relevansinya dengan pendidikan Islam di era 4.0 (tela’ah kitab Tarbiyah Al-Aulad Fil Islam). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia yang akan mempersiapkan dan membentuk disiplin hidup. Mendidik anak merupakan problem sejak zaman dahulu sampai sekarang, para pemikir pendidikan melahirkansuatu konsep pendidikan yang universal, namun dengan tujuan yang sama untuk mendekatkan diri kepada Allah. Perkembangan zaman yang semakin pesat ditandai dengan banyaknya permasalahan-permasalahandi Era 4.0 dan kondisi kemanusiaan di Era Modern beragam problem, sehingga dibutuhkan pendidikan anak yang relevan yang sesegera mungkin harus diselesaikan. Melihat pentingnya pendidikan di Era 4.0 ini, para pakar mengkaji tentang konsep pendidikan anak, salah satunya adalah perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam kitabnya yang berjudul Tarbiyah Al-Aulad Fil Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep anak yang ada didalam kitab Tarbiyah Al-Aulad Fil Islam yang ditulis oleh Syaikh Dr. Abdullah Nashih Ulwan.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pemaparan deskriptif analisis yang menggunakan teknik analisis kajian melalui studi kepustakaan (Library Research). Menggunakan teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber-sumber pustaka yang relevan seperti jurnal, buku-buku pendidikan anak (tarbiyah), khususnya kitab Tarbiyah Al-Aulad Fil Islam karya Syaikh Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Sedangkan analisis yang digunakan pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan Content Analysis (analisis isi atau kajian). Hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan 5 konsep pendidik anak dalam kitab Abdullah Nashih Ulwan sebagai berikut: 1. Konsep pendidikan anak dalam aspek akidah. 2. Konsep pendidikan anak dalam aspek spiritual (ruhiyah). 3. Konsep pendidikan anak dalam aspek Intelektual (kognitif). 4. Konsep pendidikan anak dalam aspek sosial. 5. Konsep pendidikan anak dalam aspek fisik. Serta relevansi konsep pendidikan anak perspektif Abdullah Nashih Ulwan dengan pendidikan Islam di Era 4.0 terdapat pada aspek tujuan pendidikan Islam, dasar pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam dan metode pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Muhammad Amin, M.Ag. dan Irsal Amin, M.Pd.I |
Keywords: | Konsep; Pendidikan; Anak; Perspektif; Relevansi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:58 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 02:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11466 |
Actions (login required)
View Item |