Pasaribu, Tobal (2024) Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan hal yang sangat penting menunjang pendidikan yang baik dan sempurna. Bahwa manusia merupakan makhluk Human Learning yaitu dapat mendidik dan dapat di didik. Pendidikan juga merupakan aspek yang memiliki nilai yang sangat tinggi. Pentingnya pendidikan menyebabkan setiap warga Indonesia berpartisipasi dalam menerimanya. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan sebagai berikut. ‘’Pendidikan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa’’. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan apa saja upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa-siswi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliayah Negeri (MAN) 2 Model Padangsidimpuan , serta upaya yang harus dilakukan untuk menjadikan proses pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggambarkan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, persepsi pemikiran orang secara individu ataupun kelompok sehingga memudahkan untuk menemukan kesimpulan yang sesuai dengan tujuan dalam peneliti dalam penulisan skripsi ini. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder Maka sumber pertamanya adalah Bapak Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru Fiqih. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah data pelengkap seperti dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul, buku-buku, jurnal dan sumber data laninnya. Dari hasil dilapangan melalui observasi, wawancara, dokumentasi peneliti dapat mengambil kesimpulan, bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan sudah berjalan dengan baik mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya. Akan tetapi, dengan catatan masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara sempurna karena Kurikulum Merdeka ini baru berjalan. Kemudian Implementasi Kurikulum Merdeka ini sangat penting sekali untuk menunjang bakat minat siswa-siswi secara individu dan dapat menghadapi tantangan dijaman sekarang ini, dimana zaman yang keras dalam persaingan mendapatkan hidup yang baik. Sehingga dengan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar ini sangat mendorong akan hal itu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Implementasi; Kurikulum Merdeka; Fiqih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 06:57 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 09:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11459 |
Actions (login required)
View Item |