Pakpahan, Nursamsiah (2024) Pengaruh konten vlog dalam media sosial terhadap akhlak siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100149.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi memberikan banyak pengaruh terhadap kehidupan manusia. Pengaruh yang disebabkan oleh kemajuan teknologi dapat berupa pengaruh positif dan pengaruh negatif sesuai dengan kemampuan manusia itu sendiri dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Vlog merupakan singkatan dari video dan blog yang dimana isi dari vlog lebih dominan dalam memberikan informasi. Keterampilan berbicara menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh vlogger. Vlog sangat diminati masyarakat selain dapat mengembangkan kepercayaan diri membuat video vlog juga dapat memberikan manfaat secara finansial yang menyebabkan masyarakat berlomba-lomba dalam membuat vlog sehingga banyak vlogger yang tidak bertanggung jawab dalam membuat video vlog. Banyak vlogger yang tidak mempertimbangkan isi dari video yang dibuat karena hanya mengharapkan keuntungan dari video tersebut. Oleh karena itu muncullah konten yang memberikan dampak negatif terhadap penontonnya. Pengguna media sosial tidak hanya berasal dari kalangan dewasa bahkan berasal dari anak yang dibawah umur. Dalam media sosial juga terdapat hal yang positif yang memberikan manfaat bagi penggunanya karena tidak semua yang ada dalam media sosial bersifat negatif. Dalam penelitian ini yang diteliti ialah konten vlog ustad Abdul Somad di Instagram. Peneliti memfokuskan media sosial instagram berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti dengan hasil bahwa responden lebih memilih instagram daripada media sosial lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi untuk mengetahui besarnya pengaruh yang disebabkan oleh variabel X (Konten Vlog) terhadap variabel Y (Akhlak Siswa) dan dianalisis dengan korelasi Product moment pearson untuk mengetahui kekuatan hubungan antara variabel X dan Y serta diperoleh hubungan yang kuat dan bernilai positif. Dari indikator konten vlog diantara empat indikator yang memperoleh skor tertinggi ialah indikator perhatian dan untuk indikator akhlak siswa dengan nilai tertinggi diperoleh indikator akhlak kepada Allah Swt dan Rasul. Dapat disimpulkan bahwa konten vlog ustad Abdul Somad di instagram memberikan pengaruh yang positif terhadap akhlak siswa kelas IX Madrasah Tsanwiyah Negeri 1 Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
Keywords: | Konten vlog; Media sosial; Akhlak siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 09:03 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 09:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11457 |
Actions (login required)
View Item |