Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika kelas VII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan

Harahap, Nurholija (2018) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika kelas VII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan diharapkan tidak hanya dapat membina insan cerdas, tetapi juga membina manusia yang berkepribadian dan berakhlak mulia. Namun, pendidikan saat ini masih dianggap gagal dalam penanaman akhlak dan moral generasi muda. Sehingga, masyarakat sering merasa kesal dengan dunia pendidikan, bahkan menyalahkan pihak sekolah. Banyaknya anak menampilkan perilaku menyimpang dalam masyarakat seperti tawuran, bersikap kasar, kurang menghormati yang lebih tua, berbuat curang, dan suka berbohong, ditambah lagi siswa sering terlambat ke sekolah, tidak mengerjakan PR, ribut waktu belajar, dan kurang kontrol diri merupakan bukti kurangnya karakter peserta didik. Keprihatinan akan masa depan anak bangsa mendorong pihak-pihak terkait untuk mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan tantangan zaman yaitu pendidikan karakter. Pendidikan karakter diharapkan jawaban untuk mencegah bahkan mengatasi masalah penyimpangan anak. Pendidikan karakter perlu diterapkan dalam setiap bidang studi, tidak terkecuali bidang studi matematika jangan sampai pelajaran matematika awal praktek penyimpangan perilaku peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui upaya guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter ketika pembelajaran matematika di MTs Negeri Padangsidimpuan. Untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber primernya guru matematika dan siswa kelas VII. Untuk memperoleh data penelitain ini dilakukan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Pendekatan analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian membuktikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan telah diterapkan seperti membaca ayat pendek, berdo’a, tidak mudah menyerah dalam mengerjakan soal, semakin peduli dengan teman yang kurang paham dalam pelajaran, berani berpartisipasi dalam diskusi serta saling menghargai, berusaha berkontribusi berdasarkan fakta ilmiah, tidak mengulur waktu mengerjakan tugas, siap sedia mengerjakan tugas, tidak ragu bertanya, mengerjakan sendiri tanggung jawabnya, menerima tugas dengan lapang dada. Upaya menerapkan pendidikan karakter dengan melakukan penanaman melalui pengenalan, pemahaman, pengulangan dan pembiasaaan. Selanjutnya dengan pelaksaan melalui penerapan metode yang beragam. Seterusnya dengan penyesuaian melalui nilai pendidikan karakter yang hendak ditanamkan dengan materi ajar. Seterusnya mengikutkan setiap tujuan pelajaran dengan nilai karakter. Seterusnya dengan pengembangan melalui penggunaan materi sebagai bahan dan media belajar. Terakhir dengan menumbuhkan melalui tugas dan kegiatan di sekolah dan di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan karakter; pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:24
Last Modified: 30 Apr 2020 02:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item