Ritonga, Sifa Khairunnisa (2024) Penerapan pembelajaran qurma (Qur’an dan makna) untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MIN 3 Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar ibelakang ipenelitian iini iadalah ikondisi idimana iketerampilan iberbicara isiswa iyang irendah idi ikelas iIV iA iMadrasah iIbtidaiyah iNegeri i3 iLabuhanbatu. i iBerdasarkan idata ihasil iobservasi iketerampilan iberbicara isiswa idi ikelas iIV iA iMadrasah iIbtidaiyah iNegeri i3 iLabuhanbatu idibawah i25%. iOleh ikarena iitu ipembelajaran iqurma imerupakan isalah isatu isolusi iuntuk imeningkatakan iketerampilan iberbicara isiswa. iPembelajaran iqurma imerupakan iproses iinteraksi iantar isiswa, iguru, idan isumber ibelajar iyang ilangsung idalam isuatu ilingkungan ipembelajaran, idimana iproses ipembelajaran iini imengajarkan isiswa iuntuk idapat imemahami imakna iatau iisi idari ial-qur’an idengan imengenal ikisah-kisah iyang iada ididalamnya. i iKeterampilan iberbicara iberperan isangat ipenting idi isekolah idasar. iKeterampilan iberbicara ibersifat imekanistik, iartinya iketerampilan iberbicara idiperoleh imelalui iproses ilatihan iyang iterus imenerus. iJadi, isebanyak imungkin ilatihan iakan imembuat isiswa iterampil idalam iberbicara. iMenumbuhkan iketerampilan iberbicara ipada isiswa idapat idilakukan imelalui iproses ipembelajaran iqurma i(qur’an idan imakna). iPembelajaran iqurma idilakukan idengan imembiasakan idan imelatih isiswa iuntuk iterampil idalam ibercerita iyang iberkaitan idengan imakna ial-qur'an. iTujuan idari ipenelitian iini iyaitu iuntuk imeningkatkan iapakah iada ipeningkatan iketerampilan iberbicara isiswa idengan imenggunakan ipembelajaran iqurma idi ikelas iIV iA iMadrasah iIbtidaiyah iNegeri i3 iLabuhanbatu. iPenelitian iini imerupakan iPenelitian iTindakan iKelas i(PTK) imenggunakan imodel iKurt iLewin iyang iberisi itahapan iperencanaan, itindakan, iobservasi, idan irefleksi. iInstrumen ipengumpulan idata iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah iobservasi, iwawancara, idokumentasi idan ites. iHasil ipenelitian iyang ididapatkan ioleh ipeneliti imenunjukkan ibahwa ipenerapan ipembelajaran iqurma i(qur’an idan imakna) idi iMadrasah iIbtidaiyah iNegeri i3 iLabuhanbatu imengalami ipeningkatan idari ipra isiklus i25% iatau isekitar i7 isiswa iyang ilulus imenjadi i83% iatau i23 isiswa iyang ilulus idi iakhir ipertemuan idengan ifokus ipembiasaan iyang idilakukan iseperti imenceritakan imakna iyang iterdapat ididalam ial-qur’an. iBertujuan iagar isiswa idapat imenyampaikan idengan ibahasa isendiri isecara ilisan iataupun itulisan. iPelaksanaan ipembelajaran iqurma imeliputi iperencanaan, ipelaksanaan idan ievaluasi ipembelajaran. iTumbuhnya iketerampilan iberbicara ipada idiri isiswa imelalui ipembelajaran iqurma iditandai idengan ipemilihan ikata iyang imudah idipahami, ipenempatan iintonasi, ikelancaran, iketepatan iucapan idan ikepercayaan idiri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Pembelajaran Qurma; Keterampilan Berbicara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 02:50 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 08:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11447 |
Actions (login required)
View Item |