Harahap, Sri Wulan Wahyuni (2024) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model TGT (Team Games Tournament) Kelas V SDN 200207 Sitamiang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah studi pendahuluan adalah hasil belajar siswa masih rendah disebabkan oleh kurangnya semangat dan konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan guru, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang di laksanakan masih berpusat kepada guru dan kurang melibatkan siswa. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) pada kelas V SDN 200207 Sitamiang Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model TGT (Team Games Tournament) Kelas V SDN 200207 Sitamiang Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian yaitu berupa tes pilihan berganda dan observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatakan dari tes awal ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 13,04%. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 5 siswa dengan persentase 21,73%. Pada pertemuan 2 terjadi lagi peningkatan, dari 5 siswa yang tuntas menjadi 8 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 37,78%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 65,21% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 20 siswa dengan persentase sebesar 86,95%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar; TGT (Team Games Tournament); Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 02:41 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 08:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11446 |
Actions (login required)
View Item |