Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan

Rahmadina, Rahmadina (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dikarenakan pendidikan merupakan salah satu peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Dengan tujuan pendidikan yaitu menciptakan lingkungan belajar dan proses pembelajaran yang memungkinkan untuk mengembangkan potensi peserta didik. Oleh karena itu, pendidikan membutuhkan manajemen yang tepat dalam hal pelaksanaan perencanaan dan evaluasi. Tanpa manajemen yang tepat pendidikan tidak akan berjalan seperti yang diharapkan. Langkah pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan terus memperbarui dan memperbaiki kurikulum tersebut. salah satunya kurikulum yang sedang diupayakan saat ini adalah kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengimplementasikan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan, dimulai cara penyusunan modul ajar dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil objek MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN 1 Padangsidimpuan dimulai dengan guru- guru mengikuti pelatihan baik secara offline maupun online, agar guru-guru termasuk guru PAI di MTsN 1 Padangsidimpuan bisa menerapkan kurikulum dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang ada. Salah satunya dimulai dengan menyusun modul ajar hingga menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada proses pembelajaran yang hendak diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Dr. Abdusima Nasution, M.A
Keywords: Kurikulum Merdeka; Modul ajar; Pembelajaran berdiferensiasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Dec 2024 04:54
Last Modified: 11 Dec 2024 04:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11445

Actions (login required)

View Item View Item