Marsela, Mira (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100156.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam PAI di Madrasah Aliyah Negeri MAN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan Memahami bagaimana Kurikulum Merdeka diterapkan dalam pembelajaran PAI. Dalam penyusunan modul ajar, dan pembelajaran berdiferensiasi di MAN 2 Padangsidimpuan Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana Kurikulum Merdeka diterapkan dalam pembelajaran PAI dan untuk memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan efektivitas implementasinya di masa mendatang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Responden penelitian ini adalah guru-guru PAI dan siswa-siswa MAN 2 Padangsidimpuan. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum Merdeka, seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya pelatihan bagi guru-guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu, disarankan agar pihak sekolah meningkatkan dukungan dan pelatihan bagi guru-guru PAI serta memperluas akses terhadap sumber daya yang diperlukan untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI di MAN 2 Padangsidimpuan telah memberikan dampak positif. Guru-guru PAI telah berhasil mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dan keislaman dalam pembelajaran sehingga siswa-siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Islam dan nilai-nilai pancasila. Selain itu, pendekatan yang berorientasi pada pembelajaran aktif dan kolaboratif telah mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam PAI merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter dan moral siswa di Madrasah Aliyah Negeri MAN 2 Padangsidimpuan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam, penerapan Kurikulum Merdeka menjadi sebuah langkah yang penting.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag dan Dr. Abdusima Nasution, M.A |
Keywords: | Kurikulum Merdeka; Pendidikan Agama Islam; Implementasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 04:38 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 04:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11443 |
Actions (login required)
View Item |