Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 100701 Batangtoru

Tanjung, Reni Juliana Sari (2024) Pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 100701 Batangtoru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100193.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Temuan awal penelitian ini memperlihatkan bahwa nilai rata-rata mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V 74, 36, dengan persentase ketuntasan minimal yaitu sebesar 43%. Hal ini terjadi karena guru masih menerapkan metode pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian eksperimentasi model contextual teaching and learning dan selanjutnya melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 100701 Batangtoru. Berdasarkan landasan teori bahwa pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada beberapa mata pelajaran termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 100701 Batangtoru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif, dengan menerapkan metode kuasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Instrument data yang digunakan adalah test, dimana test yang digunakan berupa pilihan berganda (multiple choice). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 100701 Batangtoru. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung > ttabel. Dimana nilai thitung sebesar 25,552 dan ttabel sebesar 2,0484 (25,552 > 2,0484).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Model contextual teaching and learning; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Dec 2024 04:15
Last Modified: 09 Dec 2024 04:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11441

Actions (login required)

View Item View Item