Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode gasing dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di MIN 4 Labuhanbatu

Rambe, Muhammad Rizki (2024) Penerapan metode gasing dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di MIN 4 Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keaktifan dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang masih rendah di MIN 4 Labuhanbatu, dikarenakan pembelajaran yang bersifat konvensional atau kurang bervariasinya model, metode, atau pendekatan yang digunakan. Guru belum menerapkan metode gasing dengan pendekatan kontekstual dan media PPT dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitiaan ini adalah apakah melalui penerapan metode Gasing dan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep Matematika materi bangun datar siswa kelas III di MIN 4 Labuhanbatu? tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa melalui penggunaan metode gasing dengan pendekatan kontekstual pada kelas III di sekolah MIN 4 Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode Kemmis dan Taggart yang memiliki Langkah-langkah seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIN 4 Labuhanbatu. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode gasing dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan dan nilai rata-rata siswa, yaitu prasiklus 63,85 pada siklus 1 pertemuan pertama 64, siklus 1 pertemuan kedua 69,18, siklus 2 pertemuan pertama dengan rata-rata 75,40, siklus 2 pertemuan kedua nilai rata-ratanya yaitu 84,14, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode gasing dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Diyah Hoiriyah, M.Pd
Keywords: Metode gasing; Pendekatan kontekstual; Keaktifan; Pemahaman konsep matematika siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Dec 2024 04:03
Last Modified: 09 Dec 2024 04:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11440

Actions (login required)

View Item View Item