Rahayu, Sonya (2024) Penerapan model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PJOK di Kelas IV SD Muhammadiyah Desa Sorik Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Adapun tujuan penelitian: untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan penerapan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam meningkatkan hasil belajar dengan materi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV SD Muhammadiyah Sorik karena salah satu model yang dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Muhammadiyah Sorik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan metode 2 siklus. Sumber datanya adalah siswa kelas IV Muhammadiyah Sorik yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan yang bersifat refleksi dengan melakuakan tindakan-tindakan tertentu didalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar secara baik. Hal ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan pada pre test terdapat hanya 1 siswa yang tuntas dengan persentase 6,25% dan memperoleh nilai rata-rata 42%. Setelah di lakukannya tindakan pada siklus I terdapat peningkatan yaitu ada 7 siswa yang tuntas dengan persentase 43,75%,dan memperoleh peningkatan dari tahap pre-test ke siklus I mengalami peningkatan dengan nilai persentase 37,5% dengan nilai rata-rata kelas 70%. Kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu ada 13 siswa yang tuntas dengan persentase 81,25% dan mengalami peningkatan dari tahap siklus I ke siklus II dan memperoleh peningkatan nilai persentase 37,5% dengan nilai rata-rata 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas IV SD Muhammadiyah Sorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Nashran Azizan, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran kolaboratif; Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 04:41 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 04:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11436 |
Actions (login required)
View Item |