Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan keterampilan lari estafet siswa mata pelajaran PJOK Kelas V SDN 200223 Padangsidimpuan

Hasibuan, Muhammad Ali Rowi (2024) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan keterampilan lari estafet siswa mata pelajaran PJOK Kelas V SDN 200223 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500272.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan belajar siswa pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament terhadap keterampilan belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga pada materi lari estafet di kelas V SDN 200223 Padangsidimpuan. Rumusan masalahnya ialah apakah ada peningkatan keterampilan lari estafet siswa dengan penerapan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas V SDN 200223 padangdisimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas tepatnya di kelas V dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan yang bersifat refleksi dengan melakuakan tindakan-tindakan tertentu didalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan belajar secara baik. Hal ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan pada pre test dengan jumlah siswa tuntas 0 orang dengan nilai persentase (0 %) dan yang belum tuntas 15 orang dengan nilai persentase (100%). Namun setelah diadakan tindakan pada siklus I dengan model Teams Games Tournament rata-rata meningkat menjadi 72,60% dengan jumlah siswa yang tuntas 7 orang dengan nilai pesrsentase (46,67%) dan yang belum tuntas 8 orang dengan nilai persentase (53,33%). Selisih ketuntasan rata-rata sebanyak 29,47%. Setelah diadakan tindakan perbaikan pada siklus II masih dengan menggunakan model Teams Games Tournament nilai rata-rata meningkat menjadi 84,93% dengan jumlah siswa yang tuntas 13 orang dengan nilai persentase (86,67%) dan yang belum tuntas 2 orang dengan nilai persentase (13,33%). Selisih ketuntasan antara post-test siklus I (72,60%) dan post-tes siklus II (84,93%) adalah 12,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas V SDN 200223 padangdisimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Keterampilan; Lari estafet; Teams Games Tournament
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Dec 2024 04:36
Last Modified: 05 Dec 2024 04:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item