Harahap, Nur Baiya (2024) Analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi spasial siswa Kelas X SMAN 1 Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2021000008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi spasial siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Faktor yang menyebabkan kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa ialah kompetensi dari siswa yang belum memadai atau kurangnya pemahaman dalam sistem linguistik (ilmu bahasa) yang digunakan, baik itu dari pemakaian huruf kapital, dan pemakaian tanda baca. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menggunakan huruf kapital dalam penulisan sebuah karangan deskripsi spasial siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, bagaimana kemampuan siswa menggunakan tanda baca dalam penulisan karangan deskripsi spasial siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa menggunakan huruf kapital dalam penulisan sebuah karangan deskripsi spasial siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa menggunakan tanda baca dalam penulisan karangan deskripsi spasial siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Kemudian teknik keabsahan data pada penelitian menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan pemakaian huruf kapital, adapun jumlah pada temuan pertama terdapat 193 kesalahan, sedangkan temuan kedua terdapat 78 kesalahan. Penurunan kesalahan pemakaian huruf kapital ini dapat dipersentasikan sekitar 20%. Siswa melakukan kesalahan dalam menulis nama tempat, huruf pertama awal kalimat, dan nama lembaga. Adapun hasil yang didapatkan dari kesalahan pemakaian tanda baca pada temuan pertama terdapat 86 kesalahan, sedangkan temuan kedua terdapat 40 kesalahan. Penurunan kesalahan pemakaian tanda baca dapat dipersentasikan sekitar 50%. Siswa mengalami kesalahan dalam penulisan tanda baca titik (.), pemakaian tanda koma (,), pemakaian tanda petik (‘’), dan tanda hubung (-). Kemampuan siswa menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada saat peneliti melakukan penelitian masih kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Kesalahan berbahasa; Karangan deskripsi spasial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 04:17 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 04:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11432 |
Actions (login required)
View Item |