Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan open-ended pada materi aritmatika sosial Kelas VII MTs Swasta Pondok Pesantren Baiturrahman Parau Sorat

Harahap, Rabiatul Adawiyah (2024) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan open-ended pada materi aritmatika sosial Kelas VII MTs Swasta Pondok Pesantren Baiturrahman Parau Sorat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada Materi Aritmatika Sosial. Hal ini disebabkan oleh ketika siswa diberikan guru sebuah soal yang lain dari contoh, siswa tersebut kebingungan menjawab soal tersebut. Karena kurangnya tingkat kemampuan berpikir kratif siswa. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika di kelas yaitu dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pendekatan Open-Ended materi Aritmatika Sosial di kelas VII-1 di MTs Swasta Pondok Pesantren Baiturrahman Parau Sorat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan open-ended pada materi aritmatika di kelas VII MTs Swasta Pondok Pesantren Baiturrahman Parau Sorat. Pendekatan open-ended dipilih untuk memberikan ruang bagi siswa dalam mengeksplorasi berbagai solusi dan metode dalam memecahkan masalah matematika, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Swasta Pondok Pesantren Baiturrahman Parau Sorat yang berjumlah 16 siswa. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah aritmatika. Siswa menjadi lebih mampu menghasilkan berbagai ide dan metode yang bervariasi serta menunjukkan peningkatan dalam aspek fluensi, fleksibilitas, dan orisinalitas. Berdasarkan temuan ini, pendekatan open-ended direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas VII untuk mengembangkan kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa dimana rata-rata nilai tes peningkatan yaitu 43,75% pada tes siklus I dan pada siklus II 81,25%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd
Keywords: Open-ended; Berpikir kreatif; Aritmatika sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Dec 2024 04:00
Last Modified: 05 Dec 2024 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item