Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi siswa tentang nilai-nilai kemanusiaan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 7 Padangsidimpuan

Pohan, Asmita Andawati (2024) Persepsi siswa tentang nilai-nilai kemanusiaan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang nilai-nilai kemanusiaan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Karena permasalahan yang terjadi di kalangan pelajar saat ini, mereka mengalami berbagai macam permasalahan baik itu berasal dari dalam atau luar diri sendiri, namun ada beberapa yang memiliki antusias menyambut pelajaran Pendidikan Agama Islam dan ada juga beberapa yang perlu bimbingan khusus terlebih kepada anak yang bandel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang mendalam dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer dari penelitian ini adalah dari 3 siswa kelas X, 3 siswa kelas XI, 2 guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memilih persepsi yang positif terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang di ajarkan dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Nilai-nilai kemanusiaan yang paling dipahami dan di amalkan oleh siswa adalah nilai kasih sayang. toleransi, dan kejujuran, tetapi sebagian siswa masih tidak menetapkan dan melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam vang menerapkan metode yang bervariasi dan menarik, serta guru vang mampu menjadi teladan yang baik bagi siswa. Namun beberapa siswa juga mengungkapkan bahwa mereka merasa bosan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena dianggap terlalu teoritis dan kurang aplikatif dalam kehidupan sehari hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Persepsi Siswa; Nilai-Nilai Kemanusiaan; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Dec 2024 15:07
Last Modified: 05 Dec 2024 02:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item View Item