Siregar, Gustina (2024) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Arus perkembangan globalisasi telah banyak membawa perubahan terutama persoalan pendidikan karakter. Fakta yang menunjukkan bahwa karakter bangsa pada zaman globalisasi ini merosot dengan tajam. Penanggulangan atas runtuhnya karakter adalah dengan menghilangkan atau memperbaiki faktor-faktor penyebabnya. Terdapat lima ranah pendidikan yang dapat menumbuhkan karakter yang baik yaitu diri sendiri, keluarga, madrasah, masyarakat dan Pemerintah. Setiap lembaga pendidikan tentu mengalami proses dan kesiapan diri dengan latar belakang yang berbeda dalam upaya untuk mempersiapkan program pendidikan yang akan disalurkan kepada siswa khususnya dalam pembentukan karakter. Berdasarkan wawancara awal yang telah dilakukan di madrasah aliyah Al-Hakimiyah Paringgonan kabupaten Padang Lawas dengan salah satu guru pendidikan agama Islam bahwa madrasah aliyah Al-Hakimiyah Paringgonan telah menanamkan pendidikan berbasis karakter melalui program-program yang telah ditetapkan di madrasah, karakter yang terdapat di madrasah yaitu karakter religius, disiplin, jujur, tanggung jawab, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, toleransi, menghargai pretasi dan komunikasi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa kelas X madrasah aliyah Al-Hakimiyah Paringgonan kabupaten Padang Lawas dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa kelas X madrasah aliyah Al-Hakimiyah Paringgonan kabupaten Padang Lawas. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang beracu pada pengalaman hidup seseorang yang merasakan pengalamannya dengan memberikan makna dari pengalaman tersebut. Hasil penelitian analisis data observasi dan wawancara yaitu peneliti menemukan bahwa guru pendidikan agama Islam di madrasah aliyah Al-Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas menggunakan strategi dalam membentuk karakter siswa diantaranya penanaman kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, keteladanan, pujian (reward), nasihat, dan Punisment. Terdapat faktor-faktor dalam strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter. Faktor pendukung, diantaranya guru yang dapat dijadikan teladan, didikan orangtua di rumah, sarana dan prasarana, rutinitas keagamaan dan ekstrakurikuler madrasah. Adapun faktor penghambat, diantaranya kurangnya didikan orangtua, faktor lingkungan dan pergaulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag |
Keywords: | Strategi; Guru Pendidikan Agama Islam; Karakter |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 02:05 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 02:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11424 |
Actions (login required)
View Item |