Pohan, Yuni Sartika (2024) Pola pendidikan Islam di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Panti Asuhan Al-Manar adalah lembaga-lembaga kesejahteraan sosial yang dibentuk oleh pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat yang melaksanakan pengasuhan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Pendidikan Islam di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan, Bagaimana pendidikan life skill Siswa yang dijalankan di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan, Bagaimana ekstrakurikuler Siswa bernuansa keislaman di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah guna mengetahui Bagaimana Pendidikan Islam di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan, guna mengetahui Bagaimana pendidikan life skill Siswa yang dijalankan di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan, guna mengetahui Bagaimana ekstrakurikuler Siswa bernuansa keislaman di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah proses penelitian untuk menghasilkan data penelitian yaitu penjelasan, baik tertulis maupun tidak tertulis dengan orang-orang atau pelaku-pelaku yang diteliti. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan besifat deskriptif, yaitu penelitian yang memaparkan data secara sestematis dan faktual dan akuarat mengenai fakta-fakta serta hubungan dan fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara khusus pengasuh serta pengurus telah berperan dalam proses memberikan pembinaan nya melalui menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam bagi anak asuh. Terdapat dua faktor pendukung yaitu, fasilitas yang memadai serta pengasuh dan pengurus mau bekerja sama untuk membina anak-anak dipanti asuhan. Adapun faktor penghambatnya yaitu, kurangnya keseriusan dalam menjalani kegiatan-kegiatan yang telah dibuat oleh pihak panti asuhan. Adapun kesimpulannya adalah pola pendidikan Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap anak asuh sudah cukup baik, yaitu Pertama, memberi contoh keteladanan yang baik kepada anak asuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. H. Syafnan Lubis, M.Pd dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Pola; Pendidikan; Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 14:39 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 01:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11422 |
Actions (login required)
View Item |