Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola pendidikan Islam di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan

Pohan, Yuni Sartika (2024) Pola pendidikan Islam di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Panti Asuhan Al-Manar adalah lembaga-lembaga kesejahteraan sosial yang dibentuk oleh pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat yang melaksanakan pengasuhan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Pendidikan Islam di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan, Bagaimana pendidikan life skill Siswa yang dijalankan di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan, Bagaimana ekstrakurikuler Siswa bernuansa keislaman di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah guna mengetahui Bagaimana Pendidikan Islam di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan, guna mengetahui Bagaimana pendidikan life skill Siswa yang dijalankan di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan, guna mengetahui Bagaimana ekstrakurikuler Siswa bernuansa keislaman di Panti Asuhan Al-Manar Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah proses penelitian untuk menghasilkan data penelitian yaitu penjelasan, baik tertulis maupun tidak tertulis dengan orang-orang atau pelaku-pelaku yang diteliti. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan besifat deskriptif, yaitu penelitian yang memaparkan data secara sestematis dan faktual dan akuarat mengenai fakta-fakta serta hubungan dan fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara khusus pengasuh serta pengurus telah berperan dalam proses memberikan pembinaan nya melalui menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam bagi anak asuh. Terdapat dua faktor pendukung yaitu, fasilitas yang memadai serta pengasuh dan pengurus mau bekerja sama untuk membina anak-anak dipanti asuhan. Adapun faktor penghambatnya yaitu, kurangnya keseriusan dalam menjalani kegiatan-kegiatan yang telah dibuat oleh pihak panti asuhan. Adapun kesimpulannya adalah pola pendidikan Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap anak asuh sudah cukup baik, yaitu Pertama, memberi contoh keteladanan yang baik kepada anak asuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. H. Syafnan Lubis, M.Pd dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Pola; Pendidikan; Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Dec 2024 14:39
Last Modified: 05 Dec 2024 01:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11422

Actions (login required)

View Item View Item