Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal-soal ekspresi aljabar di MTs S Aisyiyah Pargodungan Kabupaten Tapanuli Tengah

Harahap, Lila Handayani (2024) Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal-soal ekspresi aljabar di MTs S Aisyiyah Pargodungan Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam materi aljabar metode yang digunakan dalam analisis kemampuan literasi matematis adalah metode deskriptif kualitatif sampel diambil dengan teknik purpose sampling subjek pada pencarian ini adalah kelas VII MTS Aisyiyah pergadungan dengan jumlah 30 siswa. Penilaian pada kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari tujuan indikator yaitu komunikasi matematisasi, representasi, penalaran dan argument, merumuskan strategi, menggunakan bahasa simbolik, dan menggunakan alat matematika dalam pemecahan masalah. Setelah melakukan analisis, penelitian dapat membuat kesimpulan hasil literasi matematis siswa yaitu sebesar 30% (kemampuan tingkat tinggi), 33% kemampuan tingkat( sedang) dan 36,66% (kemampuan tingkat rendah).Maka dari itu semakin tinggi kemampuan literasi matematis siswa maka akan semakin tinggi pula kemampuan pada siswa yang menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Setelah melihat hasil yang diperoleh oleh peneliti dengan angka yang tergolong masih kurang maka dari itu kemampuan literasi matematis harus ditingkatkan lagi. Namun ada beberapa faktor internal yang mempengaruhi siswa pada kemampuan literasi matematis yaitu sebagai sebagian besar siswa masih kurang dalam memahami maupun mencerna materi yang dipelajari siswa masih kurang mampu dalam pemecahan masalah baik pada penggunaan rumus yang akan digunakan ataupun aturan pada pengoperasian serta sebagian besar siswa belum dapat belum tepat dalam memberikan langkah-langkah yang tepat untuk menjawab soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Diyah Horiyah, M.Pd
Keywords: Literasi matematis; Soal-soal ekspresi aljabar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:31
Last Modified: 04 Dec 2024 04:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11417

Actions (login required)

View Item View Item