Pane, Sri Ningsih Nurul Amira (2024) Efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 13 Tahun 2015 tentang prinsip penyelenggara pelayanan publik (studi kasus: Kantor Camat Tualang dan Kantor Camat Minas). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2010300007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini Proses pelayanan publik pada kantor camat Tualang terlihat beberapa keluhan dari masyarakat mengenai proses pelayanan yang kurang efektif baik mengenai waktu, dan proses pelayanan menimbulkan berbagai rasa kekecewaan dari masyarakat yang mengakibatkan tidak seimbangnya rasa kepuasan dari masyarakat ketika mendapatkan pelayanan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penyelenggara pelayanan publik pada kantor camat Tualang dan kantor Camat Minas kepada masyarakat, dan bagaimana Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan prinsip penyelenggara pelayanan publik publik berdasarkan peraturan daerah kabupaten siak nomor 13 tahun 2015 pada kantor camat Tualang dan Kantor camat Minas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dan permasalah pelayanan publik yang terjadi pada kantor camat tualang dan minas kepada masyarakat. Penelitian ini mengambil data pada kantor camat Tualang, Minas, dan Masyarakat yang menggunakan pelayanan dikantor Camat Tualang dan Minas. Penelitian ini bersifat kualitatif dan data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan sekunder. Adapun teknik pengecekan data adalah menggunakan metode observasi , dan dokumentasi, wawancara yang ditujukan kepada pegawai kantor camat, masyarakat. Uji validasi data menggunakan credibility dan triangulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa efektivitas Pelayanan Publik pada kantor camat Tualang ada 7 point yang berjalan dengan efektif, sedangkan pada kantor camat Minas ada 6 point berjalan dengan efektif yang memenuhi standar pelayanan peraturan daerah kabupaten siak No 13 tahun 2015, hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya beberapa indikator yang ditetapkan peneliti. Indikator-indikator tersebut mengacu pada prinsip-prinsip penyelenggaraan pelayanan publik. Adapun faktor Pendukung Pelayanan Kantor Camat Tualang yaitu disiplin, dan faktor penghambat di kantor camat Tualang yaitu kurangnya informasi kepada masyarakat, kurangnya kesadaran masyarakat. Sedangkan pada kantor camat Minas faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya sosialisasi, kurang transparan dalam biaya pelayanan, dan kurangnya kesadaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zul Anwar Ajim Harahap, M.A dan Mustafid, M.H |
Keywords: | Efektivitas; Peraturan Daerah; Pelayanan publik |
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160512 Social Policy 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:43 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11389 |
Actions (login required)
View Item |