Dasopang, Novita Khairani (2024) Penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas iii pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Annisa Langga Payung. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas III tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran sering kali didominasi oleh kegiatan mencatat dan membaca buku dan model pembelajaran yang didominasi guru terlalu monoton. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Annisa Langga Payung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalu model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPA kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Annisa Langga Payung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan memberikan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Annisa Langga Payung yang berjumlah 15 siswa. Hasi penelitian menunjukkan Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing diterapkan dengan cara siswa diarahkan untuk berdiskusi dan membentuk kelompok dimana setiap kelompok memiliki ketua kelompok untuk menjelaskan materi yang telah dijelaskan oleh guru, kemudian setiap kelompok berdiskusi untuk membuat pertanyaan yang akan dituliskan pada kertas. Pertanyaan yang ditulis pada kertas digulung menyerupai bola dan bola kertas akan dilempar kepada kelompok lainnya. Setelah itu setiap kelompok yang mendapatkan bola kertas akan menjawab pertanyaan yang telah tertulis di bola kertas tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas III Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta Annisa Langga Payung setiap siklus. Pada kondisi awal diperoleh hasil ketuntasan siswa sebanyak 3 siswa dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 20%. Pada siklus I pertemuan I diperoleh hasil ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 33,33%. Sedangkan pada siklus I pertemuan II diperoleh jumlah ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 60%. Selanjutnya peningkatan dapat dilihat pada siklus II pertemuan I dipeeroleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 11 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 73,33%, dan pada siklus II pertemuan II doperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 14 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 93,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Masalah penerapan model pembelajaran; Snowball throwing; Meningkatkan hasil belajar; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:38 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11386 |
Actions (login required)
View Item |