Siregar, Fitriani (2024) Pengembangan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan fardu kifayah pembelajaran fikih pada Fase E Kelas X Madrasah Aliyah Negeri I Padang Lawas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2250100045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Proses berlangsungnya pembelajaran Fikih materi tentang fardu kifayah tidak cukup memadai dengan kehadiran buku saja yang hanya materi dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik, tidak dengan praktek langsung dikarenakan waktunya tidak cukup, Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana riset awal Media Audio Visual Pembelajaran Fikih Tentang Fardu kifayah pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri I Padang Lawas, Bagaimana tingkat Kevaliditasan Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Fardu Kifayah pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri I Padang Lawas, bagaimana Tingkat Praktikalitas Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Fardu Kifayah Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri I Padang Lawas, Bagaimana Tingkat Efektivitas Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Fardu Kifayah pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri I Padang Lawas, Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri I Padang Lawas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X iis 1 yang berjumlah 38 orang, 14 orang laki-laki 24 perempuan. Dengan tekhnik pengumpulan data observasi dan angket. Hasil validasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari validasi media audio visual dengan validasi ahli materi yaitu 94% yang dinyakatan Valid dan dapat diperguankan setelah melakukan revisi, dan hasil validasi media yaitu 90% yang dinyatakan Valid dan dapat dipergunakan setelah melalukan revisi. Hasil respon guru mata pelakaran Fikih sebesar 90%, dan hasil respon guru WKM Kurikulum sebesar 88%, dan hasil respon peserta didik terhadap media audio visual yaitu 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual untuk mata pelajaran Fikih yang diterapkan dalam pembelajaran Fikih pada kelas X, sebelum menggunakan media audio visual nilai pree-test 52, 23 %, sedangkan setelah digunakan media audio visual nilai post-test 91, 44 %, Jadi dalam menggunakan media audio visual ini terjadi peningkatan nilai yang dari pree-test ke post-test sebanyak 39, 21 %. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kelas tersebut , disimpulkan bahwa media audio visual untuk mata pelajaran Fikih layak untuk digunakan dan dapat meningkatakan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M. Ag dan Dr. Abdusima Nasution, M.A |
Keywords: | Media audio visual; Fardu kifayah; Pembelajaran fikih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 08:18 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 08:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11359 |
Actions (login required)
View Item |