Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SDN 295 Pulo Padang Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Sari, Mira (2024) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SDN 295 Pulo Padang Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100197.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan Sebelum penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PAI siswa di kelas VI SDN 295 Pulo Padang. Peserta didik membutuhkan inovasi model pembelajaran baru untuk merangsang daya tarik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam di SDN 295 Pulo Padang. Jenis penelitian ini ialah penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 295 Pulo Padang Kecamatan Linggabayu Kabupaten Mandailing Natal yang berjumlah 22 siswa. Prosedur penelitian meliputi dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi untuk mengukur pengelolaan pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi toleransi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran PAI di kelas VI SDN 295 Pulo Padang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar kognitif siswa pada saat pra siklus sebesar 50% namun pada siklus I menjadi 72,73% (meningkat 22,73%) dan pada siklus II menjadi 81,81% (meningkat 9,09%). hasil observasi pengelolaan pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata 3,3 dan persentase kinerja sebesar 67,83% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 4,03 (80,79%) dengan kriteria baik. Sehingga dari siklus I ke siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 12,95%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SDN 295 Pulo Padang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Liah Rosdiani Nasution, S.Pd.I., M.A
Keywords: Hasil Belajar; Pengelolaan Pembelajaran; Problem Based Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:37
Last Modified: 22 Nov 2024 07:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11354

Actions (login required)

View Item View Item