Risafitri, Risafitri (2024) Implementasi pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini dimana pada hakikatnya usia sekolah dasar adalah usia suka bermain, perkenalan dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Oleh karena itu, lebih baik apabila pembelajaran yang disampaikan mengandung unsur perkenalan langsung terhadap lingkungan sekitar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA dan apa saja hambatan-hambatan yang terjadi dalam kegiatan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan dan bagaimana solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam proses pembelajarab IPA di kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa- siswi kelas IV dan satu guru wali kelas. Obyek penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan alam dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV Sekola Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah berupaya memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah sebagai sumber pembelajaran. Belajar dengan membawa siswa ke luar kelas banyak memberi kemudahan bagi guru, siswa fokus mengamati hal baru, siswa terstimulus untuk aktif bertanya dan diskusi. Faktor penghambat saat pembelajaran di luar kelas yakni, cuaca yang berubah-ubah, dan dalam mengontrol siswa ketika pembelajaran di luar kelas. Dan adapun solusinya yaitu guru harus lebih kreatif supaya mempunyai banyak cara dalam mengkondisikan kelas agar pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd |
Keywords: | Lingkungan alam; Sumber belajar; Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 04:06 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 04:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11345 |
Actions (login required)
View Item |