Aldi, Muhammad (2024) Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari self-convidence siswa SMP Negeri 6 Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200002 - Copy - Muhammad aldi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan representasi matematis yang ditinjau dari self-confidence siswa SMP Negeri 6 Natal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan utama dalam analisis data. Pada penelitian ini, siswa dibagi menjadi 3 kategori yaitu kategori self-confidence tinggi, self-confidence sedang, dan self-confidence rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Siswa yang memliki self confidence tinggi dapat menggambarkan bangun ruang sebagai penjelasan suatu masalah dan fasilitas dalam penyelesaian; mengubah representasi lain yang diberikan kesamaan atau model matematis; (b) siswa yang memiliki self confidence sedang dapat menggambarkan bangun ruang sebagai penjelasan suatu masalah dan fasilitas dalam penyelesaian serta mengubah representasi lain; (c) siswa yang memiliki self confidence rendah hanya dapat mengubah representasi lain yang diberikan kepersamaan atau model matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.,M.Pd.dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Representasi Matematis; Self Confidence |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 01:52 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 01:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11341 |
Actions (login required)
View Item |