Nurhabibah, Nurhabibah (2018) Profesional guru dalam pengembangan bahan ajar pendidikan agama islam di Sekolah Dasar (SD) Negeri 207 Hutapungkut Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00234.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu pendidikan agama Islam merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terencana untuk menyiapkan peserta didik yang kelak mengamalkan ajaran agama Islam. Untuk itu pendidikan agama Islam perlu ditingkatkan, oleh guru pendidikan agama Islam di antaranya dengan mengembangkan bahan ajar pendidikan agama Islam. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana keprofesionalan guru dalam mengembangkan bahan ajar pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 207 Hutapungkut Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal? Dan (2) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan bahan ajar pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 207 Hutapungkut Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal? Teori dari penelitian ini yaitu meliputi pengertian professional guru pendidikan agama Islam, bahan ajar pendidikan agama Islam, bagian-bagian bahan ajar pendidikan agama Islam yang dikembangkan dan peran guru dalam pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari dua yaitu sumber data primer yaitu guru pendidikan agama Islam, dan sumber data skunder yaitu Kepala Sekolah Sekolah Dasar Negeri 207 Hutapungkut. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesional guru dalam pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 207 Hutapungkut menunjukkan guru sudah professional dalam beberapa hal praktek seperti, membiasakan perilaku dan sikap yang sopan kepada yang lain, melibatkan siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran, dan lain sebagainya. Peran guru dalam pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 207 Hutapungkut menunjukkan guru masih kurang menguasai dan memahami tujuan dibuatnya program semester, program tahunan dan rencana pelaksanaan pembelajaran, dalam hal ini guru belum menyiapkannya dalam waktu yang tepat karena masih perlu menyesuaikannya dengan kurikulum standar nasional pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profesional Guru; Pengembangan Bahan Ajar; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 29 Apr 2020 13:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 07:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1132 |
Actions (login required)
View Item |