Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi z menggunakan produk skincare halal Bioaqua

Siregar, Jahroini (2024) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi z menggunakan produk skincare halal Bioaqua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200227.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Data dari ZAP Beauty Index 2023, diketahui bahwa 34,2% dari Generasi Z mulai mencari manfaat produk skincare. Paparan media sosial dan pemasaran produk kecantikan turut mempengaruhi minat ini. Bioaqua, sebagai merek skincare yang populer di kalangan Generasi Z, menawarkan produk alami dan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Melalui wawancara dengan 20 responden, ditemukan bahwa mayoritas Gen Z mengenal Bioaqua melalui media sosial dan teman sebaya. Namun, meskipun 76,5 persen dari mereka menganggap harga produk sedang, tidak semua tertarik untuk menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat Generasi Z dalam menggunakan produk skincare Bioaqua yang halal di Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini memfokuskan pada beberapa variabel seperti lingkungan sosial, persepsi harga, promosi, dan norma subjektif, serta bagaimana faktor-faktor ini secara simultan mempengaruhi minat Generasi Z. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh signifikan dari masing-masing variabel terhadap minat Generasi Z menggunakan produk skincare Bioaqua, baik secara individu maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, dari November 2023 hingga Maret 2024, dengan menggunakan metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data utama adalah kuesioner, dan validitas serta reliabilitas diuji menggunakan SPSS versi 25. Analisis data meliputi uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial, persepsi harga, dan norma subjektif secara signifikan mempengaruhi minat Generasi Z di Kecamatan Sayurmatinggi menggunakan produk skincare halal Bioaqua. Namun, promosi tidak memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan, lingkungan sosial, persepsi harga, promosi, dan norma subjektif bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap minat Generasi Z menggunakan produk tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A. dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si.
Keywords: Lingkungan Sosial; Persepsi Harga; Promosi; Norma Subjektif; Minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2024 16:04
Last Modified: 18 Nov 2024 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11315

Actions (login required)

View Item View Item