Mardiana, Mardiana (2024) Meningkatkan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan barang bekas pakai untuk menciptakan karya seni rupa di Kelas V SDN 11 Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SDN 11 Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu peneliti menemukan beberapa masalah dalam aspek kreativitas peserta didik, karena peserta didik masih jarang memanfaatkan barang bekas pakai untuk menciptakan karya seni rupa sehingga masih rendahnya kreativitas peserta didik dalam menciptakan karya seni rupa pada mata pelajaran SBdP. Pemanfaatan barang bekas dapat dijadikan pembelajaran bagi guru kepada peserta didik sebagai pendorong/peningkatan kreativitas siswa di dalam pembelajaran yang efektif dan efisien. Penggunaan barang bekas dalam penelitian ini untuk meningkatan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan barang bekas pakai untuk menciptakan karya seni rupa di kelas V SDN 11 Panai Hulu Kabupaten Labuhabatu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada peningkatan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan barang bekas pakai untuk menciptakan karya seni rupa di kels V SDN 11 Panai Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan barang bekas pakai untuk menciptakan karya seni rupa pada mata pelajaran SBdP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan barang bekas pakai yang berupaya meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran SBdP. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian yang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu yang terdiri dari 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian adanya adanya peningkatan pada siklus I pertemuan I anak yang memperoleh kategori Baik 48%, terdapat 28% masih mendapat kategori Cukup, 24% kategori Kurang dan pada siklus I pertemuan II anak yang memperoleh kategori Baik menjadi 62%, 19% kategori Cukup, dan 19% kategori Kurang, Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan dengan tindakan pada siklus II. Pada siklus II pertemuan I anak yang memperoleh kategori Baik menjadi 76%, 9% masih mendapat kategori Cukup, dan 15% masih mendapat kategori Kurang, oleh karena itu dilakukan perbaikan dengan tindakan pada siklus II pertemuan II anak yang mendapat kategori Baik meningkat mencapai 86%, kategori Cukup 14%, dan kategori Kurang menjadi 0%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Kreativitas peserta didik; Memanfaatkan barang bekas pakai; Menciptakan karya seni rupa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:26 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11314 |
Actions (login required)
View Item |