Siregar, Juliaty Ikhsani (2024) Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan distribusi terhadap keputusan pembelian Teh Celup Bendera. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200225.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Banyak produk teh yang menyediakan bentuk teh berbeda-beda di pasaran, seperti teh serbuk, teh kantong, teh celup, dan teh dalam kemasan siap minum dengan berbagai merek berbeda pula. Teh celup banyak dipilih karena kemasan dan cara penyajiannya yang praktis. Teh Celup Bendera menjadi salah satu merek teh yang banyak digunakan di kalangan masyarakat Kelurahan Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan karena rasa dan aromanya yang nikmat, akan tetapi warna teh menjadi kurang pekat apabila digunakan lebih dari dua kali, dan kantong kertas pembungkus teh Celup Bendera mudah sobek sehingga menghasilkan ampas saat penyajian teh. Dilihat dari Top Brand Index teh kantong di Indonesia Tahun 2023, teh kantong Cap Botol meraih peringkat pertama dan menjadi Top Brand. Tetapi masyarakat Aek Tampang lebih banyak yang memilih teh Celup Bendera walau hanya menduduki posisi ke empat dalam Top Brand Index dari segi citra merek. Jika ditinjau dari segi distribusi, teh Celup Bendera mengambil kebijakan distribusi tidak langsung yang melalui beberapa sales untuk sampai ke tangan konsumen. Penyaluran ini menjadikan banyak masyarakat memilih untuk menggunakan teh Celup Bendera karena mudah ditemui di pasaran dan juga warung-warung terdekat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan distribusi terhadap keputusan pembelian teh Celup Benedera di Kelurahan Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental sampling dengan jumlah responden 66 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian teh Celup Bendera di Kelurahan Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan, tidak terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian teh Celup Bendera di Kelurahan Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan, terdapat pengaruh distribusi terhadap keputuusan pembelian teh Celup Bendera di Kelurahan Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan, dan kualitas produk, citra merek, dan distribusi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian teh Celup Bendera di Kelurahan Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan. Hasil koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, citra merek, dan distribusi dapat menejelaskan keputusan pembelian sebesar 6,4%, sisanya sebesar 93,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamni Fadilah Nasution, M.Pd. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Citra Merek; Distribusi; Keputusan Pembelian; Kualitas Produk |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 15:47 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11312 |
Actions (login required)
View Item |