Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas III SD Negeri 200105 Padangsidimpuan

Nasution, Aisyah Amini (2024) Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas III SD Negeri 200105 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada saat pembelajaran yang berdampak pada rendahnya minat belajar siswa terkhususnya pada pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu berdasarkan latar belakang masalah tersebut, adapun perumusan masalah dari penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh minat belajar matematika dengan menerapkan Ice Breaking pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 200105 Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar matematika dengan menerapkan teknik Ice Breaking pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 200105 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan III B Sekolah Dasar Negeri 200105 Padangsidimpuan yang berjumlah 40 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes minat belajar yang berjumlah 20 soal berbentuk angket minat belajar yang diuji validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas ekpserimen (teknik ice breaking) diperoleh hasil 67,7 sedangkan di kelas kontrol (metode konvensional) diperoleh 62,8 pembelajaran menggunakan teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 200105 Padangsidimpuan. Dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking Terhadap Miat Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 200105 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Ice breaking; Minat belajar; Matematika; Sekolah dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:50
Last Modified: 14 Nov 2024 03:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item