Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi guru pendidikan Agama Islam tentang motivasi belajar siswa SMPN 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah pada pelajaran pendidikan Agama Islam

Sihombing, Nurhadiah (2024) Persepsi guru pendidikan Agama Islam tentang motivasi belajar siswa SMPN 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah pada pelajaran pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Fokus Masalah penelitian ini adalah persepsi guru pendidikan Agama Islam tentang motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah dan faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi guru Pendidikan Agama Islam Tentang Motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggambarkan dan mendeskripsikan secara langsung persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah pada pelajaran pendidikan Agama Islam dan faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam. Adapun teknik pengambilan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, bahwa persepsi guru pendidikan Agama Islam tentang motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan Agama Islam sangat baik. guru PAI memberikan tanggapan yang positif terkait motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah pada pelajaran pendidikan Agama Islam. Dimana, Siswa SMP Negeri 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki motivasi belajar pada saat pelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung, yakni adanya hasrat dan keinginan siswa untuk berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, serta adanya harapan dan cita-cita masa depan. Adapun faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. M. Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Muhammad Amin, M.Ag
Keywords: Persepsi guru; Motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:02
Last Modified: 06 Nov 2024 05:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item