Agustina, Indah Sri (2024) Penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament dalam meningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas V di SDN 004 Sihepeng. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang pada masalah ini adalah siswa belum sepenuhnya tuntas dalam hasil belajar pada materi perpindahan kalor disekitar kita, siswa kelas V SDN 004 Sihepeng memiliki nilai hasil belajar yang masih rendah, hal ini bisa terlihat dari sikap dan jawaban siswa pada saat belajar ilmu pengetahuan alam, dan saat diberikan tes awal mengenai perpindahan kalor disekitar kita. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpndaha kalor disekitar kita dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SDN 004 Sihepeng. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pelaksanaan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tornament dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 004 Sihepeng?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar perserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 004 Sihepeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode siklus. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 004 Sihepeng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Hasil penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 004 Sihepeng mengalami peningkatan melalui pembelajaran menggunakan model TGT. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada nilai rata-rata siklus I pertemuan I 26,31%, siklus I pertemuan II 36,84%. Dan nilai rata-rata siklus II pertemuan I 63,15%, siklusi II pertemuan II 89,47% . Karena peningkatan hasil belajar sudah mencapai ssesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi perpindahan kalor disekitar kita pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Cooperative Learning; Teams Games Tournament; Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:15 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11226 |
Actions (login required)
View Item |